<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d6735511\x26blogName\x3ddodYmania+-+a+daring+adventure\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://dodymania.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den_US\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://dodymania.blogspot.com/\x26vt\x3d-6947541969606263846', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>
a daring adventure...
Profile | Blog | Fellow Blogger | Links | Gallery
Monday, November 08, 2004
Rekaman... wah, jd artis niy!!!


G'day minna-san! Apa kabar semuanya? Punten lagi yah.. it takes me sometime to update this blog! Maklum lah... namanya juga mahasiswa yg insyaf... jadi kegiatan akademis memang harus diutamakan! Hehe, alasan yg tidak logis serta terlalu dipaksakan neh.. hahaha! So, I hope this finds you well as I'm doing fine here!

Jadi artis? Rekaman pula? Wah wah.. tentunya ini bisa jadi sebuah obsesi yang terpendam sejak masa kecil, yang... mungkin sedikit demi sedikit kali ini akan terwujud! Jadi artis.. wah ngga kebayang sama sekali tuh! Hehehe... jangan sensi dulu minna-san... kali ini bukan artis beneran kok, cuma bohong-bohongan :-) Mau tau lebih lanjut? Ikuti kisahnya berikut ini...

Sebelum melangkah lebih lanjut ke inti cerita ini... izinkan saya mengajukan beberapa pertanyaan yang tajam dan menusuk berikut ini :-)

Pernahkah anda berpikir akan pekerjaan anda yang terasa amat membosankan!?!? Anda pikir pekerjaan "mereka" itu terlalu mudah utk dilakukan? Lalu... pernah kah anda mengumpat thd salah seorang penyanyi pendatang baru yg suaranya minta ampun... it's so bad it could easily killed you!?!? Dan mungkin lebih parah lagi... pernahkah anda mencela sebuah spot iklan 15 detik di televisi yang begitu "hina"nya anda bahkan tega melempar gelas atau benda apa pun yg tersedia di dekat anda ke layar kaca demi "membunuh" rasa jengkel itu?

Bagaimana dengan jawaban anda? If you answer "yes" or "almost/slightly yes" to any of those above questions then maybe it's time for you to reconsider that it may not be as simple as you think!

So, you think ur job is boring? Think again! There's so much more to explore! Surprisingly enough.. u might find something new and exciting within your cramped cubicle :-) Hehe, berani2 saya nulis gini... apa lagi di hari Senin? bisa2 kena timpuk sandal melayang neh!

So, you think that new comer artist sings so badly it could almost kill you? Try to be on-stage and do it on your own! Then you know how it really feels!

And you think that silly ad was a piece of s**t? Try to make one urself! If you think your job is hell... then maybe you should consider of the job of making advertisement as "double-hell" :-)



And if you think that your 42-inch plasma TV isn't worth enough that you can "torture" it by throwing ur glass or whatever item is available at ur coffe table... then call me up before you do that! How about we swap out your TV with mine?!? Anda bisa melempar dengan spektakuler setumpuk piring atau gelas atau bahkan... kulit pisang ke layar kaca TV saya... sementara dengan penuh gairah dan nafsu yang tergambarkan saya sedang menggauli your imaginary-beautiful 42-inch plasma TV :-) Ngga sayang yah..?? TV anda harus hancur penuh luka hanya karena anda merasa sebal dgn spot iklan yg "begitu jeleknya" itu? Hehehe...

Dan anda pikir jadi artis itu gampang? Tunggu sampai anda mengalami penyiksaan di dalam ruang studio rekaman! Seperti apa yg saya alami bbrp waktu yg lalu! Hehehe :-)

"Jadi artis dadakan"... mungkin itu deskripsi yg tepat utk hal yang saya alami. Alkisah tempat saya bekerja dulu sedang ada proyek utk buat spot iklan di radio utk salah satu produk baru andalan mereka: English for Profesional. Rencananya, spot iklan ini akan akan disiarkan dalam waktu dekat di SCFM ... jadi istilah kejar tayang memang benar-benar diterapkan di sini :-) Entah angin apa yg membawa mereka memutuskan utk menggunakan "my beautifully killing" voice secara temen2 di kantor mungkin ngga ada yg sanggup menerima penyiksaan itu :-) Hehehe! Dan entah angin setan apa yg membuat saya memutuskan utk menerima tawaran ini :-p Aduh Dody... are you out of your mind? I think I'm always out of my mind gitu loh :-D LOL :-)

Prosedur kerja yg harus dilaksanakan sebetulnya hanya sederhana... EF Tamara sebagai sang "induk" telah menyediakan "royalty-paid" jingle iklan selama 60 detik dengan menyediakan space 30 detik voice over utk diisi dalam bentuk dialog. Jadi tugas saya dan partner adalah mengisi kekosongan 30 detik itu! Sangat singkat bukan?! Ehh... tunggu dulu! Tidak 'kah saya sebutkan "hanya 30 detik"? Hehehe... it's not even a minute but believe me... it feels like forever!

Begitu masuk di sebuah studio rekaman di daerah Gubeng Kertajaya maka dimulailah penyiksaan itu... hehehe! OK, so... kita coba dulu ngepas'in dialognya! "Coba tempo-nya agak sedikit naik... kita perlu melakukannya lebih cepat! space waktu yg ada cuma 30 detik, Dod!" begitu kira-kira ucap sang director! Belum sempat take yang kedua dilaksanakan langsung saja keluar kata-kata itu: "No no no... you're doing it too quick... a bit slower this time!" Arrrgghh... terlalu cepat.. terlalu lambat! Arent they having enough fun in killing me like this? hahaha! An easy job you think, huh?!?!

Rasanya mau mati saja... ternyata hal ini begitu sulit dilakukan hingga entah berapa kali sudah kita bongkar pasang script yang ada! Sedikit banyak mungkin saya ikut merasakan betapa intens-nya perdebatan panitia persiapan kemerdekaan dalam menyusuk naskah teks proklamasi itu :-P Demi mengakomodasi kepentingan dan keinginan berbagai pihak.. urusan mengganti dan bongkar-pasang script tak ubahnya seperti sengitnya sidang di DPR! Hehehe... jadi, anda masih berpikir bahwa pekerjaan ini mudah utk dilakukan!?

Tak hanya urusan bongkar pasang script! Urusan tambal-sulam gonta-ganti personel pun tak dapat dihindari! Hehe... jadi kiranya saya bisa merasakan ketegangan yg ada saat manajemen Sheila on 7 memecat salah satu personel-nya! Hahaha... dalam pandangan yg lebih ekstrim debat kusir pergantian partner dialog saya ini disaksikan dalam jarak yang amat dekat! Mau ikut marah dan protes.. tapi kok ya rasanya: nyezzzz... gitu loh! hehehe! tragis memang adanya saat saya harus menyesuaikan diri lagi (berkali-kali) dengan berganti partner dialog... dan semua ini demi alasan improvement kualitas suara?!?! heh... hello.. kenapa tidak saya saja yg diganti dan selesai sudah semua masalah dan penderitaan ini? aarggghh...!!!! jadi anda pikir gampang jadi artis? pikir sekali lagi!

Lepas dari mulut buaya masuk pula ke mulut singa! Hehehe... abis galak2 semua gitu loh! Benar adanya... in a situation of increasingly tense like this... everyone is amazingly like hell! termasuk dengan bapak yang satu ini: sang studio director...



jika anda pernah melihat di film maupun tayangan televisi akan betapa kejamnya manusia yg satu ini.. well.. i'll tell you something: it's true!!! ya mohon maaf saja... saya kan tidak tahu! dengan tanpa merasa bersalah saya mengubah/menggeser posisi mike...


ya... benda yg satu ini!

...kepada suatu ketinggian di mana dengan nyaman dapat saya raih posisinya dalam perekaman suara! dan tahu kah apa yang dia lakukan pada saya? dengan muka marah dia masuk ke studio dan melontarkan sejuta umpatan pada saya: "what the hell do you think you're doing?! don't even think of doing that without telling me first! you're changing the whole thing! you see this stuff?! even if you only slide for one inch.. it changes the whole setting! OK?! So just don't do anything without telling me first, OK!" whhuuaaakkzzz... gedubraak!! andai saja saya bisa mengumpat balik! Hahaha... mungkin ini ekstrim adanya but on the other side he is one hell of a nice guy! tampil galak dan garang hanya utk urusan pekerjaan :-) hehehe... sorry ya mas Oi! kebayang kan susahnya jadi artis?!?! LOL :-)

memang tidak semuanya terlalui dengan penuh emosi yg meletup-letup! ada kalanya kejadian lucu dan konyol mengisi waktu kita siang itu! mulai dari salah ucap kata.... oooppss... sampai kata-kata umpatan yg saya lontarkan sendiri lantaran ada bbrp line dialog yang terlewatkan! kalau anda tergelitik utk sedikit tertawa kala menyaksikan segmen "Dibuang Sayang" dalam program "Bulletin Sinetron" di salah satu tv station itu... mungkin ada baiknya anda yg mengalaminya sendiri! trust me... it's FUN! at least you got to laugh in a such tension like what happened to me! sisi cerah dari pengalaman ini: tidak selamanya jadi artis itu penuh penderitaan! hahaha!

waktu yang kami habiskan siang hari itu sebenarnya memang tidaklah terlalu lama: 3 jam saja! Hehehe! Utk mengisi voice over selama 30 detik itu diperlukan kerja rodi selama 3 jam?!?! Welcome to the real world, minna-san! Jadi jangan dikira segala sesuatu yg tampak singkat di layar kaca atau pun terdengar di siaran radio itu juga singkat dalam pembuatannya! hehehe... coba lakukan berbagai proses di atas maka anda akan dapat merasakan yg sebenarnya :-) Jadi.. gak gampang kan jadi artis? hehehe!

Dan hasilnya pun.. not too bad! For a first-timer rasanya memang rekaman tadi layak siar, kok! Hahaha! Meski saya pikir suara saya terdengar aneh dalam rekaman itu! tapi biarlah! Udah ngga peduli mo di-edit gimana lagi... tetep aja my "beautifully-killing voice" ngga bakal berubah :-) Udah.. kalo ancur ya ancur aja! LOL!

And you know what... jika anda warga Surabaya dan sekitarnya ada yg terbujuk utk "mengkonsumsi" produk tersebut setelah mendengarkan siaran iklan itu: HAHAHAHAHA... ANDA SEMUA TELAH TERTIPU DENGAN TERMAKAN OLEH BUJUK RAYUAN GOMBALKU ITU :-)

So.. the moral of the story is: memang tidak mudah jadi artis... jadi jangan berpikir kalau pekerjaan ini berkesan mudah! tunggu sampai anda mendapatkan berbagai penyiksaan di atas tadi!

Mungkin sejenak kita perlu berpikir bahwa somehow kita semua begitu beruntung dengan diberkati Tuhan atas pekerjaan "yg membosankan" itu.. hingga tak terpikirkan di luar sana begitu banyak siksaan yg menanti saat kita beralih profesi! Jadi... masih pengen jadi artis neh? Ngga kapok rekaman lagi? Hahaha... anda boleh bilang saya gila tapi justru setelah menjalani penyiksaan tadi saya jadi ketagihan utk suatu saat nanti menjadikan pekerjaan tadi sebagai suatu profesi! Merujuk pada salah satu iklan-nya Telkomsel: Hoki banget gitu loh! Hehehe! Ampun deh.. ini artis gitu loooh... :-)

Have a hardrocking day, minna-san!

groetjes,

dodY
xxxx

posted by dodY @ 18:34




Dody Priambodo
Jakarta, Indonesia
mazuta2222@yahoo.com

dodY defines himself as a self-proclaimed late-twenties plain guy. after... God knows how many years, he finally managed to get out from FE Univ. Airlangga. lately, figuring out how to enjoy the heavy workload and endless boredom at work seems to be a challenging adventure. this guy considers himself highly energetic and vibrant, yet balancing banalities of being an incurable drama queen proves to be a full-time challenge. he sees himself clamored by surroundings of good friends that last for a lifetime. how? by ruling the cyber world for sure! this man confidently regards himself as half-Queenslander and being a huge fan of Brisbane Broncos is only a matter of local pride.

dodY lures himself into watchable flicks, smooth jazz, and delectable food. healthy recipes? oh, that stands merely as an unnecessary option! dodY claims himself a huge fan of Hanshin Tigers as a cover-up of having lack interest in sport. he lays great admiration on Carol Shields as much as his enjoyment toward her works. dodY finds an ultimate pleasure on his addiction to "jalan-jalan"; which refers to plenty of travel with lots of leisure. and, oh! this fellow thinks himself as an expert in Community-Development issue in the future. now, let dodY develop himself to behave well for the sake of a community to exist!


blog ini lebih cihuy dibuka pake Get Firefox! cobain deh!
ShoutBox
Previous Posts
Archives
Navigation
Credits
Powered by Blogger.com
Comments Powered by Haloscan.com
visit pralangga.org